Headline News

header-int

TERAPKAN SERTIFIKAT ELEKTRONIK, DISKOMINFO PESSEL IKUTI RAKOR

Kamis, 14 Nov 2019, 15:58:28 WIB - 42 | Riva Endra S.Kom
TERAPKAN SERTIFIKAT ELEKTRONIK, DISKOMINFO PESSEL IKUTI RAKOR

PESISIR SELATAN, Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Pesisir Selatan hadiri Rapat Koordinasi Nasional evaluasi implementasi sertifikat elektronik dengan tema improving publik service quality through digital signature bertempat di hotel Santika Kab. Bayuwangi Prov. Jawa Timur, 12—13 November 2019.

Rakornas tersebut diselenggarakan Balai Sertifikasi Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) RI serta diikuti seluruh instansi di seluruh Indonesia yang telah melaksanakan Perjanjian Kerjasama dengan BSrE BSSN terkait penerapan Sertifikat Elektronik ini.

Hal tersebut diungkapkan kepala Diskominfo Pesisir Selatan Junaidi, S. Kom, ME melalui pesan WhatsAppnya mengatakan pemanfaatan teknologi informasi berperan penting dalam perdagangan dan pertumbuhan perekonomian untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Pemerintah perlu mendukung pengembangan Teknologi Informasi melalui infrastruktur hukum dan pengaturannya sehingga pemanfaatan Teknologi Informasi dilakukan secara aman untuk mencegah penyalahgunaannya dengan memperhatikan nilai-nilai agama dan sosial budaya masyarakat Indonesia,” katanya.

Sebagaimana diketahui melalui UU nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik kemudian Peraturan Pemerintah nomor 82 tahun 2012 tentang penyelenggaraan sistem dan transaksi elektronik, Peraturan Presiden nomor 95 tahun 2018 tentang sistem pemerintah berbasis elektronik, dan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika nomor 11 tahun 2018 tentang penyelenggaraan sertifikasi elektronik, memberi mandat yang sangat jelas bahwa globalisasi informasi telah menempatkan Indonesia sebagai bagian dari masyarakat informasi dunia.

“Mencatol pada kegiatan Rakornas itu, pemerintah melalui BSSN berupaya agar setiap instansi sampai tingkat daerah mampu menerapkan sertifikat elektronik dalam mendukung pembangunan nasional guna mencerdaskan kehidupan bangsa”, jelasnya.

Lebih jauh dijelaskannya, Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Diskominfo serta dukungan Perangkat Daerah terkait telah berupaya untuk itu.

“Kita telah lakukan sosialisasi penyelenggaran sertifikat elektronik kepada Perangkat Daerah setempat atas persetujuan dan dukungan pimpinan,” ungkapnya.

Harapannya dikemudian hari adalah Pemerintahan Daerah Kab. Pesisir Selatan memiliki kemampuan untuk melakukan transaksi secara elektronik untuk mempercepat proses pembangunan.

“Individu yang memiliki tanda tangan dan identitas elektronik menunjukan kemampuan untuk mengambil keputusan dan kebijakan secara cepat dan menghemat waktu, mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, memiliki tingkat keamanan dengan meniadakan risiko pemalsuan dokumen dan pemalsuan tanda tangan, serta efisien, “ harapnya.

Pada kegiatan tersebut juga dihadirkan narasumber yang berkompeten dari  Deputi Simpeg BKN Suharmen, S.Kom, M.Si, Dirjen Dukcapil Kemendagri Febryan Denistya Perdana, M. Sosio, Deputi BSSN, Kepala Dinas Kominfo Kab. Banyuwangi Budi Santoso, dan Kepala Dinas Kominfo Kab. Gunung Kidul Hamdayani.

Pada kesempatan berbeda Junaidi juga berkunjung ke pusat layanan Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Banyuwangi dan sempat bertukar pikiran dengan tenaga TIK Diskominfo Banyuwangi terkait pelaksanaan Smart Kampung.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2020 Dinas Komunikasi dan Informatika. Follow Me : Facebook Youtube