Headline News

header-int

Talkshow Bersama Baznas Mengenai Regulasi Zakat

Senin, 03 Feb 2020, 12:20:48 WIB - 34 | Wulan Syaftira, S.Si
Talkshow Bersama Baznas Mengenai Regulasi Zakat

Painan – Badan Amil Zakat (Baznas) Pesisir Selatan menyampaikan regulasi zakat saat talkshow bersama Radio Langkisau 91.2 FM. Yuspardi, Ketua Baznas menyampaikan bahwa zakat merupakan harta yang wajib dikeluarkan oleh umat islam, karena sebagian dari harta umat islam terdapat hak anak yatim, kaum duafa, dan fakir miskin, dan tentu saja, tidak mengeluarkan zakat adalah haram hukumnya.

“ Zakat adalah salah satu rukum islam yang harus ditunaikan oleh seluruh umat muslim, meskipun seluruh umat muslim ini semuanya sudah kaya raya dan sejahtera. Masih ingat, dulu di jaman kejayaan umat muslim di dunia ini, pada khalifah Umar Bin Abdul Aziz, dimana seluruh masyarakat muslim di dunia ini sangat makmur dan kaya raya, dan tidak ada lagi satupun yang mau menerima zakat, saking makmurnya.” Jelas Yuspardi.

Meskipun begitu, zakat berfungsi penuh sebagai pembangunan umat, sehingga tidak ada lagi pembatas antara si kaya dan si miskin. Disamping itu, zakat juga sebagai salahsatu solusi dalam perkembangan maslahat agama islam, seperti dslam upaya untuk memberantas kemiskinan dan keterbelakangan. Untuk itu, agar zakat dapat terdistribusikan dengan baik, dibutuhkan tenaga profesional zakat yang harus memiliki kriteria yang khusus, dan harus mengikuti pelatihan oleh Baznas Pusat.

“Juga, menjadi tenaga profesional zakat tidak harus terfokus pada syarat-syarat lembar, seperti KTP, Ijazah, IPK, karena siapapun pasti punya, dan bisa. Untuk menjadi seorang tenaga profesional zakat, ia harus bisa menghandle semua pekerjaan yang ia emban.” Ucap yuspardi. Ia berharap agar semua tenaga profesional zakat juga memiliki integritas yang baik. Karena jika ia bisa bekerja profesional tapi tidak memiliki integritas yang baik, ia memiliki peluang yang besar untuk melakukan tindakan yang melenceng. Ucapnya, hal yang paling penting adalah kejujuran dalam bekerja sangat diperlukan.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2020 Dinas Komunikasi dan Informatika. Follow Me : Facebook Youtube