Headline News

header-int

SHARING INFORMASI PERSANDIAN KE KOTA PADANG PANJANG DAN BUKITTINGGI

Rabu, 13 Mar 2019, 15:00:18 WIB - 280 | Yusril Budidarma, A.Md
SHARING INFORMASI PERSANDIAN KE KOTA PADANG PANJANG DAN BUKITTINGGI

Painan, 
Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan pengetahuan tentang penyelenggaraan persandian dan keamanan informasi serta aplikasi elektronik pemerintahan, Kominfo Pessel melaksanakan kunjungan ke Dinas Kominfo Kota Padang Panjang dan Kota Bukittinggi selama 2 hari, 11 s.d 12 Maret 2019.

Kominfo Pessel yang diwakili oleh Nanang Syufriadi-Kasi Persandian, Afrioldi Putra-Pemeriksa Teknologi Informasi, Muhammad Azmi Riyan-Sandiman, Al Muhammad Yazin-Sandiman, Mardhiatul Ihzaniah-Sandiman disambut oleh Ario Dian Pratama-Kabid eGovernment dan TIK Dinas Kominfo Kota Padang Panjang, Senin (11/03). 

Kunjungan ke kota Serambi Mekkah ini membahas tentang Pembatalan penggunaan aplikasi e-TPP (Tambahan Penghasilan Pengawai) atau SiTampan yang dihibahkan ke Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan pada bulan Oktober 2018 lalu."Aplikasi SiTampan tidak jadi kami gunakan karena Programmer kami telah membuat aplikasi baru untuk TPP, aplikasi ini dibuat berdasarkan kebutuhan penyelenggaraan TPP di Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan", ujar Nanang Syufriadi saat membahas aplikasi SiTampan."Kami mengucapkan terima kasih atas hibah aplikasi ini walaupun tidak jadi kami gunakan", sambungnya.

Dikota wisata, Tim Kominfo Pessel diterima oleh Dinas Kominfo Bukittinggi, Wati Dewita-Kabid eGovernment dan Musli Hati-Kasi Persandian pada hari Selasa (12/03). Dinas Kominfo Bukittinggi sudah memiliki tenaga Sandiman yang berlisensi dari Badan Siber Sandi Negara RI. "Persandian dibagi atas tiga fungsi, yaitu; 1. Operator Persandian, 2. Keamanan Informasi, dan 3. Keamanan System. Petugas persandian wajib mengikuti pelatihan yang diadakan oleh BSSN RI untuk mendapatkan kompetensi dan lisensi sebagai Sandiman", ujar Dewita saat berbagi informasi tentang persandian dengan Kominfo Pessel.

Kegiatan kunjungan atau sharing informasi ini merupakan bagian pelaksanaan Kegiatan Persandian tahun anggaran 2019 pada Dinas Kominfo Pessel yang bertujuan meningkatkan kapasitas SDM persandian dan keamanan informasi pada Dinas Kominfo Pessel khususnya dan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan umumnya. Saat ini Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan belum memiliki tenaga Sandiman yang berlisensi dari BSSN RI. Dinas Kominfo Pessel baru memiliki pegawai baru (CPNS) yang diperuntukan sebagai tenaga Sandiman bulan Maret 2019 sebanyak 3 orang yaitu, Muhammad Azmi Riyan, Al Muhammad Yazin dan Mardhiatul Ihzaniah. Syarat petugas Sandiman Pemerintah Kota/Kabupaten harus memiliki lisensi Sandiman dari BSSN RI.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Dinas Komunikasi dan Informatika. Follow Me : Facebook Youtube