Headline News

header-int

PRA SOSIALISASI e-SPPD ONLINE

Jumat, 15 Mar 2019, 10:46:28 WIB - 183 | Yusril Budidarma, A.Md
PRA SOSIALISASI e-SPPD ONLINE

Painan,
Kominfo Pessel mengadakan pra-sosialisasi sekaligus diskusi eSPPD Online atau aplikasi elektronik untuk pembuatan surat perjalanan dinas diruangan rapat, Kamis (14/03).

Pra-sosialisasi eSPPD ini dihadiri oleh Kepala BPKD, Suhandry dan semua pejabat-nya, Kepala Dinas Kominfo, Junaidi beserta N Riswandi-Sekretaris, Harrison Tar-Kabid Statistik dan Pelayanan Informasi Publik, Syafrudin-Kabid Penyelenggaraan eGovernment, Nanang Syufriadi-Kasi Persandian, Yarisman-Kasi Pengembangan Infrastruktur dan Teknologi serta Susi Susilowati-kasi pada Bagian Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Pesisir Selatan.

"Aplikasi eSPPD online ini hibah dari Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat pada akhir tahun 2018 kemaren, dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dari Januari 2019 oleh Programmer atau Tenaga Konsultan TIK Kominfo, Masri Prima Doni ", ujar Syafrudin saat menerangkan eSPPD online pada peserta sosialisasi."Output atau berkas surat dari eSPPD ini adalah SPT, Laporan Perjalanan Dinas, SPPD Form, Bukti Pengeluaran Kas, dan SPPD Rampung. Aplikasi ini juga akan memperlihatkan rekapitulasi perjalanan dinas", tambahnya.

Selama ini pembuatan administrasi SPPD dilakukan secara konvesional atau manual dan membutuhkan banyak waktu untuk pembuatannya.

Dengan adanya eSPPD online maka akan mempercepat proses administrasi pembuatan SPPD, validasi dan verifikasi siapa saja yang melakukan perjalanan dinas, baik itu perjalanan dinas dalam daerah, luar daerah dalam provinsi ataupun luar daerah luar provinsi. Proses pengawasan dapat dilakukan secara riil time, karena aplikasi ini bisa memperlihatkan / rekapitulasi perjalanan dinas seseorang dalam suatu waktu.

"Penggunaan aplikasi eSPPD direncanakan akan ujicoba pada bulan April 2019 mendatang, dan akan diumumkan melalui apel gabungan, smoga hal ini bisa terlaksana dengan baik", ujar Junaidi saat sesi diskusi.

Kegiatan pra sosialisasi eSPPD online ini merupakan bagian dari pelaksanaan Kegiatan Pembangunan dan Pengembangan Program Aplikasi Elektronik tahun anggaran 2019 pada Dinas Kominfo, tujuan dari kegiatan ini adalah membuat dan mengembangkan aplikasi elektronik administrasi pemerintahan guna tercapainya penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang bersih, baik, transparan dan akuntable.


 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Dinas Komunikasi dan Informatika. Follow Me : Facebook Youtube