Headline News

header-int

Pessel Masuk 10 Besar Nominator Pemeringkatan Badan Publik

Minggu, 22 Sep 2019, 11:44:31 WIB - 64 | Riva Endra S.Kom
Pessel Masuk 10 Besar Nominator Pemeringkatan Badan Publik

Painan, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan masuk sepuluh besar nominator pemeringkatan Badan Publik pengelola informasi dan dokumentasi berdasarkan hasil rapat pleno Komisi Informasi Provinsi Sumatra Barat, Sabtu (21/09).

Hal itu diungkapkan Staf Sekretariat Komisi Informasi Prov. Sumbar Tiwi Utami, SH melalui pesan WhatAppnya yang merilis sepuluh kab/ kota yang masuk nominasi hasil rapat pleno pemeringkatan Badan Publik tahun 2019.

“Berikut Kab/ Kota yang menjadi nominator pemeringkatan Badan publik tahun 2019 yang pertama Kab Dharmasraya, kedua kab. Limapuluh kota, ketiga kab. Padang Pariaman, keempat Kab. Pesisir Selatan, kelima Kab. Tanah Data, keenam Kab. Solok, ketujuh kota Bukittinggi, kedelapan kota Padan, kesembilan kota Padang Pariaman, kesepuluh kota Solok, “ ungkapnya.

Pada pesan WhatsApp tersebut ia juga merilis sepuluh nominator pemeringkatan Badan Publik kategori pemerintahan Nagari.

“Pertama Nagari sungai Duo Kab. Dharmasraya, kedua Nagari Sikabu - kabu Tj. Haro Pd. Panjang Kab. 50 Kota, ketiga Nagari Taram Kab. 50 Kota, keempat Nagari Cubadak Kab. Tanah Datar, kelima Nagari Baringin Kab. Tanah Datar, keenam Nagari Lubuk Malako Kab. Solok Selatan, ketujuh Nagari Indudur Kab. Solok, kedelapan Nagari Bungo Pasang Salido Kab. Pesisir Selatan, kesembilan Nagari Lunang Tiga Kab. Pesisir Selatan, kesepuluh Nagari Sambungo Kab. Pesisir Selatan,” terangnya.

Sementara itu Kepala Bidang Statistik dan Pelayanan Informasi Harrison Tar, S. Pi, M. Si melalui pesan WhatsAppnya turut mengatakan sangat bersyukur sekali dengan telah keluarnya hasil pemeringkatan badan publik tahun 2019.

“Alhamdulillah nominator hasil pemeringkatan badan publik tahun 2019 telah keluar dan kita juga patut bersyukur dari nominator tersebut Kabupaten Pesisir Selatan mengisi salah satunya, “ Tulisnya.

Ia melanjutkan begitu juga dengan hasil pemeringkatan Badan Publik kategori Nagari/ Desa, tiga nominator berasal dari Kabupaten Pesisir Selatan.

“Kita terus mengenjot badan publik pada Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan sampai pada tingkat pemerintahan nagari untuk terus transparansi dalam mengelola informasi dan dokumentasi publik, “katanya.

ia menambahkan dari statistik website PPID kabupaten Pesisir Selatan http://ppid.pesisirselatankab.go.id/index.php dapat disimpulkan bahwa informasi dan dokumentasi yang kita sebarkan sangat direspon oleh pengguna informasi.

“Total dokumen keseluruhan yang ditampilkan mencapai 9.596 dokumen semenjak tahun 2016, sedangkan untuk tahun 2019 sendiri kita memiliki dokumen sebanyak 6.402 dokumen, dan jumlah pemohon informasi sebanyak 11 orang dengan jumlah undahan dokumen mencapai 339 dokumen sedangkan jumlah pengunjung pada tahun 2019 mencapai 10.587 orang,” ungkapnya.

Artinya bahwa informasi sebagai kebutuhan pokok setiap orang telah kita penuhi untuk mewujudkan optimalisasis pengawasan publik terhadap penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Pesisir Selatan.

“Setiap pemohon informasi selalu kita respon dengan baik, jika permintaan informasi belum tersedia kita akan berupaya menyediakannya menurut klasifikasi informasi yang dipergunakan,” Tutupnya.

Tidak jauh berbeda, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika berharap Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan bisa menjadi yang terbaik lagi pada tingkat Provinsi Sumatra Barat dan masuk nominator pada tingkat nasional.

“Semoga tahun ini kita bisa menjadi lebih baik dari pada tahun yang kemaren,” Katanya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Dinas Komunikasi dan Informatika. Follow Me : Facebook Youtube