Headline News

header-int

Pemkab Pesisir Selatan gandeng BSSN Jamin Keamanan Siber dengan Sertifikat Elektronik

Jumat, 03 Mei 2019, 15:35:45 WIB - 152 | Masri Prima Doni, M.Kom
Pemkab Pesisir Selatan gandeng BSSN Jamin Keamanan Siber dengan Sertifikat Elektronik

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Pesisir Selatan sebagai leading sektor pengelola Teknologi Informasi dan Komunikasi melaksanakan Penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) pada penerapan Tanda Tangan Digital (Digital Signature) dalam aplikasi e-SIMAYA yaitu Aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik pada Instansi Pemerintah yang saling terintegrasi berbasis Dunia Maya, dan juga Aplikasi e-SPPD yaitu Aplikasi Surat Perintah Perjalanan Dinas Elektronik pada Instansi Pemerintah yang memudahkan dalam proses pengajuan dan verifikasi perjalanan dinas yang kegiatan ini dilakukan pada hari Kamis, 2 Mei 2019 di Jakarta. 

Bertindak sebagai pejabat berwenang pada Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sekretaris Daerah Bapak Ir. Erizon, M.T, melakukan penandatanganan PKS dengan Sekretaris Utama BSSN Bapak Syahrul Mubarak. Turut juga hadir mendampingi Kepala Dinas Kominfo Bapak Junaidi, S.Kom., M.E dan Kepala DPMPPTSP Bapak Drs. Suardi, M.Si.

Dalam kata sambutannya Sekretaris Utama BSSN memyampaikan bahwa, dengan penerapan tanda tangan digital ini akan memudahkan autentifikasi administrasi surat menyurat secara elektronik, dan juga dapat menghemat APBD pemerintah Daerah, secara efektif dan efisien. Dari sisi keamanan informasi juga menjamin tentang autentifikasi tanda tangan digital secara elektronik.

Penandatanganan Kerjasama ini bertujuan untuk mewujudkan penerapan sistem elektronik yang aman di Pemkab Pesisir Selatan. Ruang lingkup dalam kerjasama ini antara lain penyediaan infrastruktur teknologi informasi yang mendukung penerapan sertifikat elektronik pada layanan pemerintah, penerbitan sertifikat elektronik, pemanfaatan sertifikat elektronik dalam sistem elektronik pada Pemkab Pesisir Selatan

Penandatanganan Kerjasama ini diikuti oleh 10 (sepuluh) Pemerintah Daerah, Lembaga, dan Universitas serta diwakili pejabat terkait diantaranya:
1. Kab. Pesisir Selatan (Ir. Erizon, M.T - Sekretaris Daerah),
2. Kab. Padang Pariaman (Drs. Ali Mukhni, MM - Bupati),
3. Kab. Tuban (Ir. Hery Prasetyo S, M.M - Kadis Kominfo),
4. Kab. Kebumen (Cokro Aminoto - Kadis Kominfo),
5. Kab. Buleleng (Ir. Dewa Ketut Puspaka, M.P - Sekretaris Daerah),
6. Kab. Pulau Pisang (Moh. Insyafi, S.E., M.A.P - Kadis Kominfo),
7. Kab. Kendal (Ferinando Rad Bonay - Kadis Kominfo),
8. Kab. Situbondo (Drs. Ec. Suhartono, M.Si - Sekretaris Daerah), 
9. Univ. Negeri Semarang (Prof. Dr. Agus Nuryatin, M.Hum - Wakil rektor)
10. Pengadilan Negeri Cikarang (I Putu Gede Astawa - Ketua)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Dinas Komunikasi dan Informatika. Follow Me : Facebook Youtube