Headline News

header-int

PEMDA PESSEL PESTA PENGHARGAAN PADA AKHIR TAHUN

Senin, 09 Des 2019, 10:14:55 WIB - 47 | Riva Endra S.Kom
PEMDA PESSEL PESTA PENGHARGAAN PADA AKHIR TAHUN

Pesisir Selatan - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, kembali terima Lima penghargaan pada acara penganugerahan keterbukaan informasi publik di Hotel Kyriad Padang, Jumat (6/12).

Kelima penghargaan tersebut, masing masingnya adalah penghargaan Achievement Motivation Person diberikan kepada Bupati Pessel Hendrajoni, Kedua Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan sebagai Badan Publik Informatif, Ketiga Pesisir Selatan sebagai peringkat satu kategori PPID utama Kabupaten/Kota, Keempat kategori Nagari memperoleh juara 2 yaitu Nagari Lunang. Sementara Nagari Bungo Pasang Salido dan Nagari Sambungo Silaut, masuk 10 nagari terbaik. Serta Kelima, kategori KPUD Kabupaten/Kota, KPU Kabupaten Pesisir Selatan meraih juara III.

Penghargaan badan publik informatif diserahkan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, kepada Bupati Pessel Hendrajoni, sedangkan Achievement Motivation Person diterima dari Komisioner Komisi Informasi (KI) pusat M.Syahyan.

Predikat kabupaten paling informatif merupakan kali yang kedua diperoleh Pesisir Selatan, pada 2018 daerah ini juga sudah memperoleh penghargaan yang sama.

Ketua KI Sumbar Adrian Tuswandi menyebutkan, penghargaan Achievement Motivation Person diberikan kepada tokoh yang dinilai memiliki komitmen tinggi dan konsisten dalam keterbukaan informasi publik.

"Ya, Bupati Hendrajoni salah satu dari 15 tokoh yang memiliki komitmen melakukan keterbukaan informasi publik," katanya pada wartawan di Padang. 

Sementara itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, keterbukaan informasi merupakan keniscayaan dan sekaligus kewajiban pemerintah terhadap rakyat dalam mewujudkan pembangunan daerah yang transparan. 

"Kita digaji dengan uang rakyat dan dana yang kita kelola adalah uang rakyat, tentu informasinya harus disampaikan kepada rakyat agar tepat sasaran," ucapnya. 

Menurutnnya, semua informasi harus disampaikan kepada masyarakat secara terbuka, kecuali jika tidak dibolehkan oleh peraturan undang-undang. 

"Jadi, tidak adalagi yang perlu ditutupi. Masyarakat harus tau," tuturnya. 

Pada kesempatan itu, Bupati Hendrajoni mengatakan, keterbukaan informasi sangat penting untuk menumbuhkan semangat bekerja serta menjaga kepercayaan masyarakat.

"Keterbukaan informasi dapat menimbulkan kepercayaan masyarakat, namun sebaliknya jika informasi ditutupi maka dapat menimbulkan kecurigaan publik," ujarnya. 

Tak lupa ia mengucapkan terimakasih banyak kepada seluruh pihak yang terlibat serta semua elemen masyarakat yang ada di daerah itu. 

"Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada masyarakat Pessel. Sebab, berkat dukungan semua pihak daerah kita kembali meraih lima penghargaan sekaligus pada kesempatan ini," katanya

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2020 Dinas Komunikasi dan Informatika. Follow Me : Facebook Youtube