Headline News

header-int

PEMDA PESISIR SELATAN, BPS KOMIT WUJUDKAN SATU DATA INDONESIA TINGKAT DAERAH

Selasa, 26 Nov 2019, 12:00:43 WIB - 62 | Riva Endra S.Kom
PEMDA PESISIR SELATAN, BPS KOMIT WUJUDKAN SATU DATA INDONESIA TINGKAT DAERAH

PESISIR SELATAN, - Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan komit mewujudkan tata kelola Data pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan untuk menghasilkan Data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi pusat dan instansi Daerah melalui pemenuhan Standar Data, Metadata, Interobilitas Data dan menggunakan Kode Referesi dan Data Induk.

Komitmen tersebut diwujudkan salah satunya melalui penandatanganan Komitmen Bersama untuk mengimplementasikan Prinsip-prinsi Sata Data Indonesia sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 dalam setiap penyelenggaraan kegiatan statistik di Kabupaten Pesisir Selatan, agar terwujudnya Sistem Statistik Nasional yang andal, efektif dan efisien bertempat di Kantor Bupati Pesisir Selatan, Senin (25/11).

Penandatanganan komitmen itu dipelopori Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Yudi Yos Elvin, S. Si, M. Si selaku Pembina Data, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Junaidi, S. Kom, M.E, Kepala Bapedalitbag selaku Sekretariat Satu Data Indonesia Yozki Wandri, S. Pi, M. Si, selaku Walidata dan seluruh Perangkat Daerah selaku Produsen Data serta didukung Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan Ir. Erizon M. T.

Dalam arahanya Sekretaris Daerah mengatakan, data merupakan kekayaan bangsa, jika sebuah bangsa tidak memiliki data, maka bangsa tersebut juga tidak akan memiliki informasi.

“Untuk berinvestasi dibutuhkan data dan informasi suatu wilayah agar ruang-ruang potensi bisa dideteksi,“ katanya.

Dilanjutkanya untuk itu kepada setiap produsen data agar dikaji lagi data-data yang diperoleh dari capaian-capaian output sebuah kegiatan.

“Telusuri data tersebut sampai ke tingkat produksen, verifikasi kelayakannya sesuai dengan prinsip-prinsip sata data, itulah hasil kerja keras kita” tambahnya.

Sementara itu Junaidi ketika dikonfirmasi menyebutkan kegiatan itu merupakan langkah awal untuk menjalin koordinasi yang dirumuskan dalam bentuk Komitmen Bersama dari segenap pihak-pihak yang terlibat untuk mewujudkan Satu Data Indonesia tingkat Daerah.

“Tujuh komitmen yang kita sepakati bersama diantaranya, yang pertama BPS sebagai Pembina Data akan berfungsi sebagai pemberi Rekomendasi dalam proses perencanaan pengumpulan data dan melakukan pembinaan penyelenggaraan Satu Data Indonesia tingkat daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, yang kedua kominfo sebagai walidata akan memeriksa kesesuain data yang disampaikan Produsen Data dan menyebarluaskan Data dan Metadata di Portal Satu Data Indonesia  serta membantu Pembina Data tingkat daerah dalam membina produsen data tingkat daerah “ jelasnya.

Ditambahkannya, peran walidata pembatu juga sangat dibutuhkan yang berkedudukan dalam Instansi Daerah serta produsen data juga harus berperan aktif.

“Ketiga Walidata tingkat daerah dibantu oleh Walidata pendukung yang berkedudukan dalam Instansi Daerah, yang keempat Produsen Data akan memberikan masukan kepada pembina data tingkat daerah mengenai Standar Data, Metadata, dan Interobilitas Data dan yang kelima Produsen Data akan menghasilkan data sesuai dengan prinsip Satu Data Indonesia dan menyampaikan Data beserta Metadata kepada Walidata tingkat daerah,” tambahnya.

Dilanjutkannya lagi, Bapedalitbag juga turut memiliki andil vital dalam memberikan dukungan dan pelayanan teknis operasional dan administrasi.

“Keenam Koordinator/ Sekretariat Forum Satu Data Indonesia tingkat daerah berkomunikasi dan berkoordinasi secara berkala dalam rangka memberikan dukungan dan pelayanan teknis operasional dan administratif serta menyelesaikan permasalahan terkait penyelenggaraan Satu Data Indonesia Tingkat Daerah, dan yang ketujuh Membuat Peraturan Kepala Daerah mengenai penyelenggaraan Satu Data Indonesia tingkat daerah di Kabupaten Pesisir Selatan, “ tutupnya.

Tidak jauh berbeda, Kepala BPS Pessel mengungkapkan penandatanganan komitmen ini merupakan pengembangan dari penandatangan komitmen bersama antara BPS dengan Diskominfo Kab/ Kota yang diselenggarakan di Bukittinggi.

“Ini kita lakukan karena memang dalam Pepres Satu Data Indonesia, BPS memiliki peran sebagai pembina data, peran-peran tersebutlah yang kita ayom mulai sekarang dan sampai seterusnya,” katanya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2020 Dinas Komunikasi dan Informatika. Follow Me : Facebook Youtube