Headline News

header-int

PEMDA PESISIR SELATAN BERSAMA BPS MATANGKAN SP2020

Sabtu, 18 Jan 2020, 15:52:55 WIB - 46 | Riva Endra S.Kom
PEMDA PESISIR SELATAN BERSAMA BPS MATANGKAN SP2020

PESISIR SELATAN, - Mendukung pelaksanaan sensus Penduduk (SP2020) Diskominfo bersama BPS gelar Rapat persiapan bertempat di Auditorium Kantor Bupati Pesisir Selatan yang diikuti instansi terkait lingkup pemda Pessel, Kamis (16/01).

Dalam sambutanya Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Junaidi, S. Kom, ME menyampaikan suksesnya SP2020 merupakan tanggung jawab bersama, untuk itu dibutuhkan kerjasama yang erat dari instansi terkait.

“Agar tersedianya data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Pesisir Selatan maka SP2020 harus dilaksanakan secara sukses dengan melibatkan instansi terkait, “ katanya.

Sementara itu Kepala BPS Pessel Yudi Yos Elvin dalam penyampaiannya mengatakan dilevel Nasional dan Provinsi sudah melaksanakan koordinasi terkait pelaksanaan SP2020

“Dari pusat sampai daerah sudah memberikan dukungan SP2020 melalui surat pernyatan atau berkomitmen secara bersama ,” katanya.

Dilanjutkannya sedangkan pada level Kabupaten diharapkan juga memiliki komitmen yang sama dalam mensukseskan SP2020.

“Moment SP2020 harus menjadi acuan dalam menyatukan data kependudukan, karena sebelumnya data kependudukan berasal dari berbagai sumber,” jelasnya

Ditambahkannya Presiden menyatakan kesimpang siuran sejumlah data dari berbagai kementerian menjadi salah satu penyebab tidak optimalnya pelaksanaan kebijakan pemerintah

“SP2020 menjadi sensus pertama Indonesia yang memanfaatkan data registrasi kependudukan agar upaya untuk mewujudkan satu data kependudukan Indonesia bisa tercapai sehingga mempermudah dalam pengambilan kebijakan, baik tingkat daerah maupun pusat,” tutupnya.

Sebagaimana diamanatkan undang-undang statistik bahwa sensus penduduk dilaksanaan 1 kali dalam 10 tahun dan pada tahun 2020 menjadi sensus penduduk ke 7 yang mempergunakan pendekatan pendataan secara langsung dengan cara mendatangi penduduk dari rumah ke rumah dan pendataan multi moda yaitu melalui sensus penduduk secara online.

“Sebanyak 581 orang petugas yang akan diturunkan dilapangan dengan melibatkan kepala kampung, walinagari dan instansi terkait, kemudian selain proses kombinasi, teknik pengumpulannya juga secara multi moda yaitu melalui sensus penduduk online, “terangnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2020 Dinas Komunikasi dan Informatika. Follow Me : Facebook Youtube