Headline News

header-int

Pemda Pesel Percepatan Penyajian Data Statisti Sektoral

Rabu, 29 Jan 2020, 10:51:44 WIB - 54 | Riva Endra S.Kom
Pemda Pesel Percepatan Penyajian Data Statisti Sektoral

PESISIR SELATAN, Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Pesisir Selatan lakukan rapat percepatan pengumpulan Data Perencanaan Pembangunan Daerah dan Indikator Statistik Sektoral Utama (KOR) sebagaimana surat undangan Sekretaris Daerah bernomor : 090/27/Kominfo-PS/I/2020 bertempat di Room Operation Kantor Bupati, Selasa (28/01)

Rapat tersebut dilakukan guna menindaklanjuti surat Menteri Dalam Negeri melalui Dirjen Bina Pembangunan Daerah dengan surat bernomor 046/304/Bangda tertanggal 21 Januari 2020 yang ditujukan kepada Bupati/ Walikota seluruh Indonesia agar mempercepatan penyajian data statistik sektoral untuk mendukung perencanaan pembangunan Daerah dan penyajian publikasi Daerah dalam Angka (DDA) pada akhir bulan Februari melalui Dinas Komunikasi dan Informatika selaku yang menangani Statistik Sektoral/ Walidata, karena sebagaimana diketahui sebelumnya pengumpulan data sektoral dar Perangkat Daerah dimulai pada awal triwulan dua setiap tahunnya.

Rapat tersebut dihadiri Asisten II, III, Kepala Perangkat Daerah bersama jajaran (produsen data) serta Kepala BPS (Pembina Data) tersebut dipimpin langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan Ir. Erizon, MT.

“Rapat ini sengaja saya pimpin langsung agar data-data yang kita punya memiliki makna, setiap kita harus memahami data, jangan ada Kepala Perangkat Daerah yang tidak memahami datanya masing-masing,” tegasnya.

Dilanjutkannya wajah sebuah negara ada pada data, ada negara yang hancur disebabkan tidak memiliki data dan apapun yang dikerjakan puncak sukses itu diukur dari data, rusaknya tatanan cenderung mengabaikan data.

“Kesimpangsiuran sejumlah data menjadi salah satu penyebab tidak optimalnya pelaksanaan kebijakan pemerintah, maka penting mempersiapkan data” jelasnya.

Dilanjutkannya, apalagi sekarang luas kabupaten Pesisir Selatan sudah berbeda dengan tahun lalu itu salah satu kesuksesan Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan.

“Luas kawasan hutan cocokan dengan luas wilayah karena luas wilayah kita pada tahun ini bertambah, itu adalah salah keberhasilan kita menata batas wilayah,” terangnya.

Ia juga menjelaskan buku Pesisir Selatan Dalam Angka yang dimiliki sekarang sumber datanya berasal dari data Perangkat Daerah untuk itu jangan sampai data yang kita sampaikan kepada walidata menunjukan ketidakkonsistenan.

“Kepada Kepala Perangkat Daerah segera lakukan pengolahan data sektoral tersebut, awal Februari sudah disampaikan kepada walidata untuk diverifikasi ulang bersama-sama,” tutupnya.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Junaidi, S. Kom, ME turut mengatakan pengolahan data stastiktik sektoral Perangkat Daerah dilakukan terhadap data yang sudah divalidasi pada tingkat Perangkat Daerah

“Data yang kita verifikasi merupakan data yang sudah di validasi perangkat daerah (produsen data), data tersebut dilakukan tabulasi, kemudian memeriksa kewajaran dan konsistensi data, selanjutnya dilakukan analisis deskriptif, menentukan regresi dan time series serta menerapkan disclosure control data,” Jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2020 Dinas Komunikasi dan Informatika. Follow Me : Facebook Youtube