Headline News

header-int

LPP RADIO LANGKISAU FM MILIKI WARTAWAN BERKOMPETEN

Rabu, 28 Agu 2019, 11:47:59 WIB - 71 | Riva Endra S.Kom
LPP RADIO LANGKISAU FM MILIKI WARTAWAN BERKOMPETEN

Painan, LPP Radio Langkisau FM akhirnya memiliki Wartawan berpredikat Kompeten berdasarkan hasil Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan pada tanggal 26-27 Agustus 2019 bertempat di Painan Convention Center.

Hal tersebut diungkapkan Direksi LPP Radio Langkisau FM Harrison Tar, S. Pi, M. Si seusai penutupan UKW mengatakan untuk memenuhi tuntutan produk berita yang berkualitas Langkisau FM terus berbenah diri.

“Radio Langkisau sekarang sudah memiliki reporter berpredikat kompeten atas nama Robert Centurion, Amd, ” katanya.

Sebagaimana diketahui Saudara Robert atau yang lebih akrab dipanggil Rion itu memang diberi tugas untuk mengikuti UKW dari LPP Radio Langkisau.

“Sebagaimana Peraturan Dewan Pers Nomor 01/Peraturan-DP/X/2018 tentang Standar Kompetensi Wartawan menyebutkan bahwa peserta yang bisa mengikuti uji kompetensi wartawan bisa dari Lembaga Penyiaran Publik,” jelasnya.

Ia melanjutkan untuk memperoleh predikat kompeten memang tidak mudah, seorang peserta harus mampu melalui 10 ujian.

“lebih kurang 10 mata uji bisa dilewati oleh Saudara Rion meliputi pemahaman tentang kode etik jurnalistik, membuat dan merencanakan usulan liputan, melakukan rapat redaksi, mencari bahan liputan acara terjadwal, wawancara cegat, membangun jejaring, menulis berita, menyunting berita sendiri, wawancara tatap muka, dan terakhir menyiapkan isi rubrikasi,” jelasnya.

Ia juga berharap kedepannya LPP Radio Langkisau bisa lebih baik lagi dalam mendiseminasikan seluruh informasi kepada masyarakat.

“Kita tetap berkomitmen untuk membangun Radio Langkisau menjadi jauh lebih baik pada masa yang akan data, selanjutnya kita juga akan coba memberikan atau pelatihan kepada seluruh penyiar kita, “ harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika ketika di konfirmasi terkait pelaksanaan UKW mengatakan untuk membangun harus melibatkan semua unsur, baik itu dari Organisasi masyarakat maupun dari wartawan sendiri.

“UKW kita fasilitas agar wartawan-wartawan yang bertugas di Kabupaten Pesisir Selatan memiliki Kompetensi yang teruji dan profesional dibidangnya, itu dilakukan agar jangan sampai muncul berita yang bersumber dari sesorang yang tidak kompeten, “ katanya.

Ia melanjutkan begitu juga dengan keterlibatan masyarakat dalam pembangunan juga terus ditingkatkan melalui pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) secara terus menurus oleh Dinas Komunikasi dan Informatika.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Dinas Komunikasi dan Informatika. Follow Me : Facebook Youtube