Headline News

header-int

KOMINFO PESSEL MENGIKUTI MUNAS OPENDESA

Senin, 13 Jan 2020, 11:29:21 WIB - 64 | Yusril Budidarma, A.Md
KOMINFO PESSEL MENGIKUTI MUNAS OPENDESA

Painan,
Dinas Kominfo yang diwakili oleh Kepala Dinas Kominfo Junaidi beserta Syafrudin Kabid eGovernment mengikuti Munas Pertama Open Desa yang diselenggarakan oleh Lembaga Desa Digital Terbuka (OpenDesa) pada hari Sabtu dan Minggu (11/01 s.d 12/01) di Nagari Tj Haro Sikabu-kabu, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat.

Acara ini dihadiri oleh panelis dari beberapa daerah di Indonesia, Sugito (Pendamping Wilayah II Sumbar), Anwar (MT Pendamping Provinsi NTB), Bu Des (Kompak - Program Kemitraan Pemerintah Indonesia dan Australia), Muhammad (Ketua Forum Desa Lombok Timur), Syafrudin (Kabid eGovernment Dinas Kominfo Pesisir Selatan), N. Firman (Kabid SPI  Kabupaten Lima Puluh Kota), Wisnu (Ketua Open Desa Indonesia) dan Lusianto (Kepala Bidang Aptika Dinas Kominfo Kab. Bandung).

Pada hari Sabtu (11/01-2020), hari Pertama pelaksanaan acara Munas OpenDesa yang dibuka oleh Pengembang Pertama sekaligus Penasehat OpenSID, Eddie Ridwan, Phd (KOMPAK - Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan Untuk Kesejahteraan), kemudian dilanjutkan oleh Maskar Musdar  (Mantan Wali Nagari Tj Aro Sikabu Kabu) dan Hernindya Wishnuadji (Ketua Open Desa Nasional). Setelah itu menampilkan Demo aplikasi Open Desa yg telah dikembangkan, diantaranya oleh Desa Laran Lombok Timur, Nagari Tanjung Aro Sikabu Padang Panjang Kabupaten Lima Puluh Kota, dan paparan aplikasi SINAR Kabupaten Pesisir Selatan. Sedangkan pada hari Kedua, Minggu (12/01-2020), penyampaian laporan perkembangan dan pertanggungjawaban satu tahun Open Desa, penyusunan perubahan Ad/RT, pembentukan pengurus OpenDesa, penyusunan renstra dan program kerja 2020-2022.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk memajukan desa atau nagari melalui penggunaan dan pengembangan aplikasi OpenSID. OpenSID adalah sistem informasi desa yang dikembangkan oleh komunitas peduli desa, yang bebas diperoleh dan gratis digunakan desa. OpenSID sekarang telah dipasang oleh lebih dari 8300 desa diseluruh Indonesia. 182 Nagari atau desa di Kabupaten Pesisir Selatan sudah menggunakan dan mengembangkan aplikasi OpenSID dengan nama SINAR dari tahun 2018. Aplikasi SINAR Kabupaten Pesisir Selatan dikembangkan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Pesisir Selatan, dimana aplikasi ini sudah terintegrasi dengan Data Warehause Dinas Catatan Sipil dan kependudukan kabupaten Pesisir Selatan dan data layanan informasi publik (PPID) Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dan menjadikan aplikasi ini lebih informatif.

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2020 Dinas Komunikasi dan Informatika. Follow Me : Facebook Youtube