Headline News

header-int

KOMINFO AJAK PERTEGUH NKRI DENGAN MERAJUT KEBHINEKAAN

Sabtu, 12 Okt 2019, 17:26:12 WIB - 49 | Yusril Budidarma, A.Md
KOMINFO AJAK PERTEGUH NKRI DENGAN MERAJUT KEBHINEKAAN

Painan,

Kementerian Komunikasi dan Informatika mengajak generasi muda untuk memperteguh semangat persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman bangsa Indonesia, antara lain dengan bijak dalam menggunakan media sosial di era digital.

Di era post truth, Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik (TKKP) Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik, Selamatta Sembiring menghimbau generasi muda agar tidak mudah terprovokasi oleh informasi yang beredar di media sosial dan jangan mudah menyebarkan pesan yang belum jelas kebenarannya.

“Kita jangan baper (terbawa perasaan-red), jangan mudah emosi, anda harus kepo sebelum share informasi, ingat jarimu macan tutulmu posting yang penting, bukan yang penting posting,  tegas Selamatta Sembiring dalam Forum Diskusi Kebangsaan yang digagas Kementerian Kominfo bekerjasama dengan Komisi I DPR RI, Painan, Sabtu (12/10/2019).

Lebih lanjut Selamatta Sembiring menerangkan bahwa di era digital saat ini,  internet bagai pisau bermata dua, di satu sisi bisa mempererat rasa persatuan, namun di sisi lain, internet bisa pula memecah belah kita sebagai satu bangsa,  terutama bagi generasi muda jika tidak bijak dalam penggunaannya.

“Hoaks, radikalisme, penipuan, pornografi, bullying, prostitusi, pelanggaran HKI, SARA dan ujaran kebencian adalah ancaman bagi generasi muda melalui internet. Ini menjadi tantangan kita di media sosial,” ujar Selamatta.

Oleh karena itu, Selamatta Sembiring mengajak semua generasi mudah untuk memperteguh persatuan dan kesatuan. Menurutnya, kemerdekaan Negara Republik Indonesia diperoleh tidak mudah, namun melalui perjuangan yang heroik para pahlawan pejuang kemerdekaan. 

"NKRI tidak lah turun dari langit, bukan pula tumbuh begitu saja dari bumi. Negeri ini merdeka penuh perjuangan yang heroik, dengan mengorbankan harta, benda, bahkan nyawa, dan darah. Negara ini bersatu karena kemerdekaan, karena itu harus  dipertahankan, untuk mewujudkan tujuan negara yakni kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia. NKRI ini harus  dijaga dan dikelola untuk mewujudkan tujuannya. agar NKRI dapat abadi maka kesejahteraan yang berkeadilan harus dipacu. Inilah yang mempersatukan kita saat ini, bersatu padu berjuang keras mengejar ketertinggalan dalam mensejahterakan rakyat secara adil, dan ini dilakukan serius oleh pemerintah saat ini. " ujar Selamatta Sembiring.

Forum Diskusi Kebangsaan ini dibuka oleh Anggota DPR RI Darizal Bazir dengan tema Merawat Kebhinekaan Dengan Bijak Bermedia Sosial yang dilaksanakan di Hotel Hannah Syariah Painan, tetapi sebelumnya Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pesisir Selatan Junaidi menyampaikan sambutan berupa ucapan terimakasih kepada H. Darizal Bazir, Komisi I DPR RI dan Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kemenkominfo, atas diadakannya Forum Diskusi Publik Merawat kebhinekaan dgn Bijak Bermedia, dan mengimbau peserta terutama generasi milenial proaktif bertanya dan mengikuti sampai akhir.Bijaklah bermedia, saring dulu sebelum share konfirmasi dan verifikasi informasi yg belum jelas kebenarannya, jangan menyebarkan/hindari berita hoak, bully,  content bersifat sara. Pemateri acara ini berasal dari Kementrian Kominfo RI, Selamatta Sembiring dan Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat Ir. Yeflin Luandri, M.M.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Dinas Komunikasi dan Informatika. Follow Me : Facebook Youtube