Headline News

header-int

Diskominfo Pessel Siapkan Nagari Statistik untuk Tahun 2020

Senin, 09 Sep 2019, 16:33:08 WIB - 41 | Riva Endra S.Kom
Diskominfo Pessel Siapkan Nagari Statistik untuk Tahun 2020

Painan, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesisir Selatan ikuti kegiatan pencanangan Nagari Statistik di Nagari Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya, Rabu (04/09).

Sebagaimana diketahui setelah diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia membuat Pemerintah Daerah menjadi terpicu untuk mewujudkan satu data Indonesia.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Statistik dan Pelayanan Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika Harrison Tar, S. Pi, M. Si disela kegiatan kunjungannya mengatakan saat ini keberadaan data dinilai memiliki daya tawar tinggi karena mampu memberikan Insight (pandangan-pandangan) baru dalam pengambilan kebijakan arah pembangunan.

“Dengan adanya Pepres nomor 39 tahun 2019 kabupaten/ kota berlomba untuk mewujudkan ketersediaan data guna mewujudkan keterpaduan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan yang harus didukung dengan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan serta dikelola secara seksama, terintegrasi dan berkelanjutan, “katanya.

Ia melanjutkan konsep pelaksanaan Nagari Statistik yang dilaksanakan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Dharmasraya bersama nagari Sungai Duo patut diberikan apresiasi karena ini merupakan sejarah untuk dunia perstatistikan di tanah air, khususnya Sumatera Barat.

“Tentu saja hal ini harus kita sambut baik dan kita dukung bersama demi ketersediaan data dan kemajuan dunia perstatistikan pada umumnya,” jelasnya.

Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan sendiri dalam pelaksanaan satu data Indonesia masih dalam tahap Peningkatan kualitas statistik sektoral dari semua produsen data dalam hal ini instansi/dinas/PD penghasil data sektoral.

“Kita telah melakukan sosialisasi pelaksanaan statistik sektoral Perangkat Daerah pada tanggal 20 Agustus 2019 kemaren dengan menghadirkan narasumber dari BPS Prov. Sumbar dan Kominfo Prov. Sumbar serta di ikuti oleh Perangkat Daerah, Camat dan Walinagari, mudah-mudah akan terdapat persamaan persepsi mengenai pengelolaan data sektoral Perangkat Daerah kedepannya,” lanjutnya.

Untuk pelaksanaan nagari statistik akan diusulkan pada tahun 2020 dengan target kinerja seluruh nagari di kabupaten Pesisir Selatan.

“Untuk tahun 2020 kita akan persiapkan seluruh nagari di kabupaten Pesisir Selatan sebagai nagari Statistik, segala sesuatunya akan kita persiapkan termasuk membuat Peraturan Bupati terkait dengan Pengelolaan Satu Data Pesisir Selatan, Pembentukan Pokja Statistik Sektoral, pembenahan data secara top down dan botton down, menyamakan persepsi terkait dengan Satu Standard Data, Satu Metadata Baku, Mendukung interoperabilitas data dan Menggunakan kode referensi data, “ tutupnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Dinas Komunikasi dan Informatika. Follow Me : Facebook Youtube