Headline News

header-int

Diskominfo Ikuti SIAP

Senin, 21 Okt 2019, 10:46:07 WIB - 18 | Riva Endra S.Kom
Diskominfo Ikuti SIAP

PESISIR SELATAN, - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesisir Selatan ikuti Step By Step Integrated Action (SIAP) Pemerintah Daerah Goes to Sumatra yang diselenggarakan Inixindo Jogja bertempat di Aula Dinas Kominfo Sumbar.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari jum’at tanggal 18 Oktober 2019 tersebut menghadirkan Kepala Dinas Kominfo Prov. Sumbar Ir. Yeflin Luandri. M.Si, dengan judul materi Kebijakan dan Panduan Implementasi SPBE dan Smart City dan Direktur Inixindo Jogja Andi Yuniantoro, S. Si, M. Kom dengan judul Materi Rencana Aksi SPBE dan Smart City serta Staf ahli Walikota Semarang Dr. Ir. Nana Storada, SE, M.M dengan judul materi Succes Story dan obstacle

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Pesisir Selatan Junaidi, S. Kom, M.E melalui pesan WhatsAppnya, sabtu  (19/10) mengatakan bahwa untuk meningkatkan keterpaduan dan efisiensi sistem pemerintahan berbasis elektronik diperlukan tata kelola dan manajemen sistem pemerintahan berbasis elektronik secara nasional.

“Penentu implementasi SPBE dan Smart City ditentukan dari dukungan Kepala Daerah, Kepala Perangkat Daerah, mindset digital leadership, sumber daya manusia dan ketersediaan insfrastruktur, “ Jelasnya.

Ia melanjutkan berdasarkan hasil Monitoring yang dilakukan Dinas Kominfo Prov. Sumbar terhadap penerapan SPBE pada Pemda Pesisir Selatan patut diapresiasi.

“Pimpinan Pessel sangat  perhatian terhadap penerapan SPBE, terutama Dinas Kominfo sendiri sebagai PD yg sangat penting, bukan hanya support tapi juga sebagai motor penggerak seluruh aktivitas  SPBE pada PD yang menjadi Kunci sukses transformasi digitial Pemerintah,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui Dinas Kominfo sendiri sudah menerapkan Indeks SPBE sebagai Indikator kinerja utama sejak tahun 2018 dengan Indeks SPBE Pessel 2,59 nomor 3 di Sumbar dan diatas rata-rata Nasional, sedangkan target tahun 2019 adalah sebesar 2,82 diatas target Nasional 2.34.

Ia juga menjelaskan Perangkat Daerah utama yang harus menerapkan implementasi SPBD diantaranya Sekretariat Daerah, BappedaLitbag, Kominfo, BPKD, Inspektorat, BKPSDM, Dinas Perpustakaan dan Arsip dan Dinas Capil.

Sedangkan penilaian self  assement 2019 sudah disampaikan kepada Kemenpanrb selanjutnya akan dilakukan penilaian melalui pembuktian lapangan oleh Tim Kemenpanrb berkerjasma dgn 5 Universitas yg ditunjuk.

Kegiatan ini juga telah ditindaklanjuti dengan MoU KDH se Sumbar dgn Gubernur tentang Implementasi SPBE di Pangeran Beach pada tanggal 19 Agustus 2019 lalu.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Dinas Komunikasi dan Informatika. Follow Me : Facebook Youtube