Headline News

header-int

Diskominfo bersama PWI Pessel Menggelar Rapat Kordinasi dan Konsultasi dengan PWI Sumbar

Senin, 05 Agu 2019, 11:58:00 WIB - 78 | HENDRI
Diskominfo bersama PWI Pessel Menggelar Rapat Kordinasi dan Konsultasi dengan PWI Sumbar

Painan – Dinas Komunikasi dan Informatika bersama Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pessel menggelar rapat kordinasi dan konsultasi dengan Pengurus PWI Sumatera Barat tentang teknis Rencana pelaksanaan uji kompetensi wartawan (UKW) di ruang rapat Kantor PWI Sumatera Barat, Padang, Jumat (2/8).

UKW ini berguna untuk mengetahui seberapa kompeten wartawan pesisirselatankab.go.id didunia jurnalistik. UKW dibagi dua jenjang yaitu Madya dan Utama.

Untuk UKW tingkat madya, materi yang akan diujikan terdiri atas sepuluh mata uji yaitu ujian dalam rapat redaksi, koordinasi atau identifikasi liputan pemberitaan, analisa bahan liputan terjadwal, merancang dan merencanakan liputan Investigasi, menulis feature, menyunting sejumlah berita, merancang isi rubrik media, evaluasi hasil liputan pemberitaan dan membangun, memelihara jejaring serta lobi.

Menurut salah satu pengurus, yang juga sebagai Ketua PWI Sumbar, H. Heranof Firdaus, S.Sos, uji kompetensi wartawan ini diantaranya berguna untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan. Selain itu bisa menjadi acuan sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan pers dan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan.

"Kita juga berharap kepada rekan - rekan wartawan, agar didalam membuat berita dapat berimbang sehingga apa yang kita informasikan kepada masyarakat yang tertuang dalam sebuah berita itu benar benar akurat dengan tetap berpegang teguh terhadap kode etik jurnalistik," ujar Heranof.

Heranof menambahkan Setelah lulus UKW, wartawan akan mendapatkan kartu kompetensi wartawan yang akan berguna buatnya kedepan. "Kedepan yang disebut wartawan kompeten itu harus ada tiga kartu identitas, yaitu kartu pers, kartu anggota organisasi wartawan dan kartu kompetensi," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, salah seorang penulis berita web Pessel, Robby Oktora Romanza, yang telah pernah ikut UKW sebelumnya, mengatakan Dengan adanya uji kompetensi ini ia mengaku wawasannya bertambah seputar pekerjaan. Ia jadi tahu seberapa penting profesi wartawan. "Sebagai yang memproduksi berita itu harus benar-benar memastikan bahwa berita kita itu sudah berkualitas," tambahnya.

Ia berharap dengan mengikuti kompetensi ini segala proses peliputan dilancarkan.

Sementara itu, Kepala Bidang Statistik dan Pelayanan Informasi, Harrison Tar, S.Pi, M.Si mengungkapkan berbagai masukan maupun saran dari Pengurus PWI Pessel dan Pengurus PWI Sumbar yang hadir pada rapat koordinasi ini, nanti pihaknya akan sampaikan terutama kepada pihak pimpinan, pungkasnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Dinas Komunikasi dan Informatika. Follow Me : Facebook Youtube