Headline News

header-int

BIMTEK PPID DAN PUBLIKASI MEDIA ONLINE

Rabu, 13 Mar 2019, 11:09:07 WIB - 159 | Yusril Budidarma, A.Md
BIMTEK PPID DAN PUBLIKASI MEDIA ONLINE

Painan,
Kominfo Kabupaten Pesisir Selatan menyelenggarakan bimbingan teknis Untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pengelolaan informasi dan dokumentasi serta publikasi melalui media online lingkup Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan di Saga Murni Hotel, Sago Painan, Selasa (12/03).

Acara ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Ir. Erizon, M.T dengan peserta yang berasal dari 45 perangkat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sekretaris Badan/Dinas/Kecamatan yang berfungsi sebagai PPID Pembantu dan Admin Website Perangkat Daerah. "Sebagai badan publik kita wajib menyediakan informasi kepada masyarakat, dan penyajian informasi harus berdasarkan aturan yang berlaku. Maksud diadakan bimtek ini adalah untuk mewujudkan pemerintah yang bersih, transparan dan pertisipatif sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik", ujar Erizon saat membuka acara bimtek.

Kominfo Pessel mendatangkan Pemateri PPID dari Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat, Adrian Tuswandi-Ketua KI dan Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat, Indra Sukma-Kabid Pengelola Informasi dan Komunikasi Publik. Sedang Pemateri Media Online berasal PWI Sumatera Barat, Nita Indrawati-Wartawan Padang Media. 

"Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan telah mencetak prestasi yang luar biasa dalam hal Keterbukaan informasi pada tahun 2018, tercatat sebagai peringkat pertama dalam penyelenggaraan Keterbukaan Informasi Badan Publik, ini harus dipertahankan dan lebih ditingkatkan", ujar Indra Sukma saat memberikan materi.

Nita Indrawati menyampaikan materi tentang tata cara pembuatan suatu berita, "Unsur berita harus tersedia 5 W + 1 H (who/Siapa, what/Apa, where/Dimana, why/Kenapa, how/Bagaimana), dan hal lainnya yang membuat berita menjadi lebih bermakna adalah judul, sebaiknya maksimum kata dari judul berita adalah 8 kata", ujarnya. Nita Indrawati juga mengulas beberapa berita yang telah dipublish oleh perangkat dinas di website perangkat daerah. 

Kegiatan Bimtek ini merupakan bagian dari pelaksanaan Kegiatan Pelatihan SDM dalam bidang komunikasi dan informasi pada Dinas Kominfo Kabupaten Pesisir Selatan tahun anggaran 2019, yang bertujuan meningkatkan kemampuan ASN dalam penyelenggaraan komunikasi dan informasi.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Dinas Komunikasi dan Informatika. Follow Me : Facebook Youtube