Headline News

header-int

Bimtek Pemeringkatan Badan Publik Tahun 2019

Selasa, 09 Jul 2019, 12:09:34 WIB - 121 | Hendika Yusra, S.T
Bimtek Pemeringkatan Badan Publik Tahun 2019

Bukittinggi, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesisir Selatan mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemeringkatan Keterbukaan Badan Publik Tahun 2019 bertempat di Aula Balai Kota Bukittinggi yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi (KI) Provinsi Sumatera Barat dan akan melaksanakan program monitoring dan evaluasi (Monev) di Tahun 2019 ini dalam bentuk Pemeringkatan Keterbukaan Badan Publik.

Kominfo Pessel yang diwakili oleh Kepala Dinas Junaidi, S. Kom, ME. dan Administrator Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Dinas Kominfo Pesisir Selatan , Silvia Permata Sari, S.Kom. , Hendika Yusra, ST, Wulan Syaftira, S.Si., dan Sri Dewigusmi, A.Md. Acara tersebut dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan didahului registrasi peserta.

Sebagai Tuan Rumah, walikota Bukittinggi yang di wakili oleh Asisten Ekonomi Pembangunan (Asisten II) mengatakan bahwa Bukittinggi siap menjadi yang terdepan dalam pengelolaan da pelayanan informasi publik untuk kategori PPID Utama Kabupaten/Kota. Ia berharap kegiatan Bimtek ini dapat menjadi momentum bagi Provinsi Sumatera Barat untuk menjadi lebih baik dalam pengelolaan informasi publik dan menjadi momentum untuk mewujudkan Sumatera Barat sebagai daerah yang informatif.

Acara ini dibuka oleh oleh Sekda Provinsi Sumbar Alwis selaku Atasan Utama PPID Pemprov Sumbar mengatakan dengan adanya Bimtek dalam rangka menjadikan nilai tambah bagi paripurnanya pelayanan keterbukaan informasi disemua Badan Publik sehingga transparan, akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan. Sumatera Barat tahun kemaren belum menjadi informatif, karena tatacara pelayanan informasi PPID, baik di OPD Utama atau OPD lainnya belum sesuai dengan standarnya informative tersebut. Oleh Karen diharapkan dukungan dari OPD dan Kabupaten/Kota sehingga pada Tahun 2019 ini Sumatera Barat dapat menjadi provinsi informatif.

Acara ini dimoderatori oleh Arif Yumardi, ST (Komisioner KI Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi). Adapun yang menjadi pemateri adalah :

1. Tanti Endang Lestari (Komisioner KI Provinsi Sumatera Barat), Tanti merupakan Ketua Paniti Pemeringkatan Badan Publik 2019. Menurut Tanti ada 10 kategori yaitu sebagai berikut :

  • PPID Utama Pemkab/Pemko
  • PPID Instansi Vertikal
  • PPID Pembantu OPD Pemprov Sumbar
  • PPID BUMN/BUMD
  • Pemerintahan Nagari
  • PTN/PTS
  • Bawaslu
  • KPU
  • SMA/SMK/MAN
  • Partai Politik tingkat Sumatera Barat

Bimtek ini sekaligus penyerahan kuesioner ke Badan Publik yang otomatis proses pemeringkatan dimulai 24 Juni 2019 selama 14 hari kerja. Penyerahan kuesioner yang telah diisi berserta dengan data dukung terakhir pada tanggal 12 Juli 2019. Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik ini dimulai dari Juni 2019 sampai dengan September 2019, dengan acara puncak berupa Pemberian Anugerah Pemeringkatan Badan Publik pada Oktober 2019.

2. Adrian Tuswandi (Ketua KI Provinsi Sumatera Barat), Ketua KI Prov.Sumbar Adrian mengatakan bahwa prosedur penilaian pemeringkatan pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini berpedoman penuh pada Peraturan Komisi Informasi Nomor 5 Tahun 2016 tentang Metode dan Teknik Evaluasi Keterbukaan Informasi Badan Publik. Hasil akhir dari Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik akan dikelompokkan menjadi :

  • Informatif (dengan nilai 97 – 100 )
  • Menuju Informatif (dengan nilai 80 – 96)
  • Cukup Informatif (dengan nilai 60 – 79)
  • Kurang Informatif (dengan nilai 40 – 59)
  • Tidak Informatif (dengan nilai < 39)

Kadis Kominfo, Junaidi, S. Kom, ME. menyampaikan disela-sela pertanyaannya tentang Keterbukaan Informasi Publik ini perlu dilaksanakan untuk tiap-tiap daerah dan pada tahun lalu Kabupaten Pesisir Selatan memperoleh Peringkat ke - 1 Keterbukaan Informasi Publik Kategori Kabupaten/Kota Se – Sumatera Barat, oleh karena itu pada tahun ini Dinas Kominfo Kabupaten Pesisir Selatan selaku PPID Utama perlu peningkatan dalam segala hal, “untuk menggapai mudah, mempertahankan itu sulit” sehingga Kabupaten Pesisir Selatan menjadi Kabupaten yang Informatif harapan kita semua.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Dinas Komunikasi dan Informatika. Follow Me : Facebook Youtube