Headline News

header-int

BALAI BAHASA SUMATRA BARAT GELAR PENYULUHAN BAHASA INDONESIA DI KABUPATEN PESISIR SELATAN

Jumat, 01 Nov 2019, 14:45:24 WIB - 95 |
BALAI BAHASA SUMATRA BARAT GELAR PENYULUHAN BAHASA INDONESIA DI KABUPATEN PESISIR SELATAN

Pesisir Selatan-Balai Bahasa Sumatra Barat bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesisir Selatan  mengadakan penyuluhan penggunaan bahasa media massa yang bertempat di gedung serbaguna kantor Bupati, Selasa (29/10). Penyuluhan yang berlangsung selama tiga hari tersebut diikuti perwakilan perangkat daerah, wartawan, kepolisian, anggota kejaksaan, anggota penyiar radio, dan pelajar, serta instansi terkait.

Kepala Balai Bahasa Sumatra Barat, Dwi Sutana, dalam sambutannya menyampaikan begitu penting penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam pidato resmi dan media massa. “Tugas kita menjaga bahasa Indonesia, baik perkataan ataupun penulisan yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang digunakan pada media ruang publik. Jangan sampai bahasa Indonesia tergerus oleh bahasa lain,” jelas Dwi Sutana.

Selanjutnya Kepala Balai Penyuluhan mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika yang bersedia bekerja sama dengan Balai Bahasa Sumatra Barat dalam rangka pelaksanaan salah satu program kegiatan yang direncanakan oleh Balai Bahasa, yaitu Penyuluhan Bahasa Indonesia sebagai tindak lanjut kegiatan diskusi kelompok terpumpun yang telah dilaksanakan bulan kemarin.

Dalam acara penyuluhan bahasa tersebut turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan yang diwakili Asisten Administrasi Umum, Wendi mengatakan bahwa penyuluhan bahasa Indonesia merupakan langkah penting dalam upaya memantapkan fungsi bahasa Indonesia sebagai identitas bangsa sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

"Kegiatan kebahasaan ini dapat menjadi pemantik meningkatkan kecintaan dan semangat peserta berbahasa Indonesia sebagai jati diri bangsa. Fenomena yang terjadi saat ini, nama badan usaha, papan nama, kain rentang, dan nama perumahan cenderung menggunakan bahasa asing,” katanya.

Wendi menambahkan Kegiatan penyuluhan ini menjadi upaya dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan untuk membiasakan penggunaan bahasa Indonesia terlebih pada media yang ada di luar ruang. Pemkab berharap banyak ilmu yang bisa diserap dari kegiatan ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Junaidi selaku Kordinator acara yang hadir dalam pembukaan acara, secara terpisah mengatakan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesisir Selatan sangat mendukung kegiatan penyuluhan ini. Kegiatan ini mempunyai nilai tambah bagi penulis berita pada laman berita Pessel dan laman berita perangkat daerah.

“Kita harus menjadi contoh bagi masyarakat dalam penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk kepentingan formal maupun non formal,” pungkasnya.

Junaidi berharap para peserta bisa memanfaatkan forum yang diadakan tersebut sebaik-baiknya. Peserta diminta untuk mempelajari penggunaan ejaan Bahasa Indonesia dan penerapannya secara baik dan benar.

Materi yang disajikan dalam Penyuluhan Bahasa Indonesia di Badan Publik ini berkaitan dengan kaidah pembentukan dan pilihan kata, praktik pilihan kata, pembentukan istilah, dan praktik penyusunan kalimat sesuai dengan kaidah.

Penyuluhan ini menghadirkan tiga narasumber yakni Drs. Dwi Sutana, M.Hum. Kepala Balai Bahasa Sumatra Barat, Yollanda, S.S., dan Dr. Puteri Asmarini, M.A.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2020 Dinas Komunikasi dan Informatika. Follow Me : Facebook Youtube