Headline News

header-int

Apakah KIM sama dengan Metra (Media Tradisional) ?

Senin, 10 Feb 2020, 12:01:36 WIB - 56 | Hendika Yusra, S.T
Apakah KIM sama dengan Metra (Media Tradisional) ?

Painan, Dinas Kominfo Kabupaten Pesisir Selatan melaksanakan Konsultasi dan koordinasi tentang KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) dan Media Tradisional (Metra) ke Dinas Kominfo Provinsi Sumatra Barat pada hari Selasa, 4 Februari 2020, dalam rangka menyukseskan kegiatan penyebarluasan informasi yang bersifat penyuluhan bagi masyarakat terutama KIM dan Metra di Kabupaten Pesisir Selatan.

Konsultasi dan koordinasi dengan Kominfo Provinsi ini langsung disambut oleh Indra Sukma, S.Kom. selaku Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Provinsi Sumatra Barat, Beliau mengatakan “Koordinasi dan konsultasi ini harus sering-sering dilakukan agar setiap Kabupaten/Kota mengerti dan sama persepsinya dengan provinsi, apalagi pada akhir tahun ini kita akan mengadakan lomba Metra terbaik se Sumatra Barat Tahun 2020 dan surat permintaan data Metra dari kabupaten/kota yang telah kita edarkan harap mengembalikannya sesuai format dan jadwal yang telah ditentukan”.

Selaku Kepala Seksi Pengelolaan, Pelayanan Informasi dan Komunikasi Publik pada Dinas Kominfo Kabupaten Pesisir Selatan, Hardayanti, SH. dan didampingi oleh staf (Hendika Yusra, S.T. dan Habriandi Sani) mengatakan “di masyarakat kami KIM dan Metra tersebut adalah sama, jadi kita harus sering-sering mengadakan sosialisasi tentang KIM itu apa, Metra itu apa, karena masyarakat menganggap KIM itu hanya kesenian terkhususnya tari saja, padahal KIM tersebut banyak, bisa jadi Kelompok Tani, Kelompok Usaha Bersama, dan lain-lainya, serta Metra tersebut bisa menjadi bagian dari KIM, maka dari itu kita meminta arahan dan petunjuknya dari Dinas Kominfo Provinsi”.

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) merupakan  yang dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat, dan untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif yang aktivitasnya melakukan kegiatan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat. Keberadaan KIM sangat penting sebagai wahana pemberi informasi bagi masyarakat, terutama informasi yang bermanfaat dan tidak mengandung hoax. Media Tradisional bisa dikatakan sebagai bagian dari KIM.

Sesuai rencana Dinas Kominfo Provinsi Sumatra Barat, pada bulan April 2020 ini akan mengadakan Workshop mengenai KIM dan Metra serta arahan untuk persiapan Pemilihan Metra Terbaik Tingkat Provinsi Sumatra Barat Tahun 2020. Jadi pada bulan april tersebutlah akan menyamakan persepsi tentang KIM dan Metra tersebut. Untuk pemilihan Metra terbaik tingkat Provinsi Sumatra Barat tahun 2020 tersebut diwakili oleh 1 sanggar terbaik dari kabupaten/kota yang telah terdaftar di akte notaris dan wajib menampilkan kesenian ciri khas dari daerahnya masing-masing.(hendy)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2020 Dinas Komunikasi dan Informatika. Follow Me : Facebook Youtube