Headline News

header-int

Pessel Menuju Satu Data

Rabu, 21 Agu 2019, 07:31:17 WIB - 51 | Riva Endra S.Kom
Pessel Menuju Satu Data

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesisir Selatan melaksanakan sosialisasi statistik sektoral, dengan mengundang OPD lingkup Pemerintahan Kabupaten Pesisir Selatan, Selasa (20/8/2019).

Hal itu, dilakukan dalam rangka meningkatkan keakuratan data, yang pemanfaatannya ditujukan memenuhi kebutuhan instansi pemerintah untuk penyelenggaraan pembangunan.

Kegiatan yang berlangsung di Painan Convention Center menghadirkan narasumber dari Badan Pusat Statistik (BPS), Dinas Kominfo dan Bapedda Sumbar.

Sekda Kabupaten Pesisir Selatan Erizon, saat membuka acara menyampaikan, daerah harus bisa menyajikan data 'siap pakai' yang dikelola setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait keterbukaan informasi publik.

Hal ini akan memudahkan akses setiap orang terhadap data pemerintah yang bersifat publik. "Menyikapi perkembangan saat ini, data statistik sektoral yang terintegrasi secara online merupakan hal yang mutlak dalam mencapai pembangunan seperti harapan bersama," ujarnya.

Sementara itu, Ichsan dari BPS Sumbar dalam paparannya menjelaskan raw data (data mentah) sangat penting dalam pengelolaan statistik. Hal ini berkorelasi erat dengan pendokumentasian, pengolahan serta tata cara penyajian data statistik agar dapat dipertanggungjawabkan.

Pada kesempatan sama, Oni Fajar Syahdi selaku narasumber dari Dinas Kominfo Sumbar menjelaskan dasar-dasar statistik sektoral.

"Kita berharap statistik sektoral itu sendiri berada di masing-masing dinas yang merupakan wali data sehingga dapat bertanggung jawab atas data itu sendiri,” ungkap Oni

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Dinas Komunikasi dan Informatika. Follow Me : Facebook Youtube