Headline News

header-int

PERINGATI HUT RI KE 73 PEMDA PESSEL GELAR KEJUARAAN CATUR

Rabu, 15 Agu 2018, 15:37:32 WIB - 123 | Riva Endra S.kom
PERINGATI HUT RI KE 73 PEMDA PESSEL GELAR KEJUARAAN CATUR

PESISIR SELATAN, 15 AGUSTUS 2018 - Dalam rangka memperingati HUT RI Ke 73, Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan mengelar Kejuaraan Catur yang berlangsung selama dua hari, dimulai tanggal 13 Agustus berakhir tanggal 14 Agustus 2018 yang diikuti sebanyak 57 peserta yang terdiri dari 52 orang laki-laki dan 5 orang perempuan bertempat di Kodim 0311 Pesisir Selatan di Painan.

Kejuaraan catur tersebut dibuka oleh Dandim 0311 Letkol Arh. Wahyu Akhadi selaku sekretariat penanggung jawab kejuaraan catur bersama dengan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Persaci) cabang Pesisir Selatan, Dinas Pangan dan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan sebagaimana Surat Undangan Bupati Pesisir Selatan Nomor 005/1583/KSB-POL/VIII/2018 tanggal 6 Agustus 2018.

Dalam sambutan Dandim yang didampingi Kepala Dinas Pangan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika menyampaikan, Catur merupakan olahraga yang mengandalkan taktik dan strategi, “Kemenangan hanya bisa dicapai dengan taktik dan strategi yang tepat dalam setiap langkah, mari kita jadikan momentum ini untuk mengingat dan mengisi nilai-nilai perjuangan”, ungkapnya dan  pada kesempatan itu juga Dandim secara simbolis melakukan pembukaan langkah pertama catur melawan Kepala Dinas Pangan Alfis Bashir petanda kejuaraan catur sudah dimulai.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pessel Junaidi, S. Kom, ME yang turut memeriahkan mengatakan antusias peserta tahun ini lebih meningkat dibandingkan dengan tahun lalu, itu merupakan pertanda masyarakat memiliki minat yang cukup tinggi terhadap olahraga catur. “mudah-mudah dengan adanya kejuaraan catur akan mampu memberikan motivasi bagi generasi muda untuk terus berprestasi”, katanya.

Lebih lanjut Junaidi menjelaskan catur merupakan kemahiran yang bisa memudar seiring waktu teruslah berlatih terutama bagi peserta-peserta yang masih muda. “kita berharap nantinya akan muncul pecatur-pecatur muda kita yang bergelar master Nasional maupun Internasional”, harapnya.

Senada dengan salah satu peserta perempuan dalam kejuaran ini Julia Ayu Ningsih menyampaikan kejuaraan ini merupakan langkah awal kami untuk menunjukan eksistensi bidang olah raga yang kami kuasai, kedepannya kami berharap akan lebih banyak lagi kejuaraan-kejuaraan catur yang diselenggarakan, ungkap peringkat 7 dari 57 orang peserta ini, “kami membutuhkan ajang tempat berkompetisi agar mental bertanding kami selalu terasah, sehingga kami tidak mudah dikalahkan”, harapnya.

Selanjutnya pelaksana menjelaskan sistem yang dipergunakan dalam kejuaraan ini mengacu kepada sistem swiss (Swiss System) delapan babak sehingga semua peserta akan bermain sebanyak 8 kali, dan pada setiap babak pemain yang menang akan mendapat 1 poin, sedangkan draw kedua pemain mendapat masing-masing setengahnya, juara adalah pemain yang memiliki poin paling banyak.

“kita menerapkan sistem swiss (Swiss System) delapan babak dimana semua pemain akan terus bermain walaupun mengalami kekalahan dan Knock Out bagi pemain yang kalah di pertandingan awal tidak memiliki peluang untuk bertemu dengan pemain di papan atas atau menjadi juara”, Jelasnya.

Lebih lanjut pelaksana mengatakan kejuaraan yang kita gelar selama dua hari ini akhirnya dimenangkan oleh Saudara Nofrizal dari Kodim sebagai peringkat pertama, Peringkat kedua Daslimon Salim dari RSUD, Peringkat ketiga Dariasman dari Kec. Bayang, Peringkat keempat Yen dari Bayang, Peringkat Kelima Noval Zakwan dari Bayang, Peringkat keenam Arnaldi dari Dinas Kesehatan, Peringkat Ketujuh Julia Ayu ningksih dari Salido, Peringkat Kedelapan Hadi Widodo dari Dinas Sosial, Peringkat Kesembilan dari Nursyafrial dari Siguntur Mudo, dan terakhir Peringkat Kesepuluh Oyok dari Talaok

“Kita hanya menyediakan hadiah sebanyak sepuluh unit berupa uang pembinaan bagi pemain yang mendapatkan nilai sepuluh tertinggi, untuk peringkat pertama sendiri memperoleh nilai 7 atau pernah mengalami satu kali kekalahan dan kami juga turut mengucapkan terimakasih kepada semua peserta yang telah ikut berpartisipasi dalam kejuaraan ini”, ungkapnya.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Keterbukaan Informasi Publik yang Didukung Sarana, Akses dan Kualitas Layanan Komunikasi.
© 2018 Dinas Komunikasi dan Informatika. Follow Me : Facebook Youtube