Headline News

header-int

PEMKAB PESSEL SEGERA MENERAPKAN TANDA TANGAN DIGITAL

Selasa, 26 Mar 2019, 23:43:26 WIB - 176 | Yusril Budidarma, A.Md
PEMKAB PESSEL SEGERA MENERAPKAN TANDA TANGAN DIGITAL

Painan,
Dalam rangka merealisasikan penggunaan tanda tangan digital atau sertifikat digital di lingkup Pemerintahan Kabupaten Pesisir Selatan, Kepala Dinas Kominfo Pessel, Junaidi menghadiri undangan Badan Syber Sandi Negara RI (BSSN RI) di Jakarta pada hari Selasa (26/03).

Junaidi didampingi oleh Nanang Syufriadi-Kasi Persandian dan Masri Prima Doni-Tenaga Programmer Kominfo bersama dengan Tim Teknis Balai Sertifikasi Elektronik (BSRe) dari BSSN RI, Yogi dan Fajar membahas tahap Analisis Kebutuhan proses sertifikat elektronik (tanda tangan digital) untuk aplikasi SIMAYA (surat menyurat elektronik), e-SPPD (Surat perjalanan Dinas elektronik),  dan Sicantik (Aplikasi Perizinan) di Lingkup Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan.

Adapun beberapa tahapan yang harus dilalui untuk mendapatkan tanda tangan digital sebagai berikut, 
1) Sertifikat Digital untuk aplikasi SIMAYA dan e-SPPD, sdh memenuhi persyaratan BSrE BSSN dan akan  direkomendasikan Perjanjian Kerjasma (PKS) dgn Pemda. 
2) Opsi PKS bisa di BSSN atau di Daerah (Prop/Painan). 
3) Sehari sblm PKS akan dilaksanakan pelatihan khusus SDM Diskominfo Kabupaten Pesisir Selatan, setelah itu dilanjutkan dengan Diskominfo melatih seluruh Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan. 
4) Saat pelaksanaan proses PKS dapat disejalankan dengan Launching Sertifikat elektronik/tsndatangan digital bersma BSSN. 
5) Tahapan sebelum PKS adalah menunggu surat resmi rekomendasi BSrE hasil  pembahasan hari ini, dan permohonan jadwal Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan ke BSSN RI. 
5) Penyesuaian sistem dan Testing (User acceptance Test) pada pertemuan sudah dilaksanakan dengan Tenaga Programmer Kominfo Pessel dengan hasil baik atau layak.

BSSN RI juga menginformasikan, 19 Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota di Kepulauan Sumatera telah menerapkan sertifikat digital atau tanda tangan digital, diantaranya 3 Instansi dari Provinsi Sumatera Barat, yaitu Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Pemerintah Kota Padang dan Pemerintah Kota Solok.

Sertifikat digital atau tanda tangan digital adalah stempel autentikasi elektronik yang dienkripsi pada informasi digital seperti pesan email, makro, atau dokumen elektronik, tanda tangan mengonfirmasi bahwa informasi berasal dari penanda tangan dan belum diubah. Sertifikat digital biasanya diterbitkan oleh otoritas sertifikat, yang merupakan entitas pihak ketiga tepercaya, BSSN RI merupakan lembaga pemerintah yang bisa menerbitkan sertifikat digital untuk semua instansi pemerintahan di Indonesia.

Dengan akan diterapkannya tanda tangan digital di Pemkab Pessel maka akan mempermudah dan mempercepat proses administrasi pelayanan perkantoran di lingkup pemerintahan, dan ini merupakan bagian dari penerapan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Dinas Komunikasi dan Informatika. Follow Me : Facebook Youtube