Headline News

header-int

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Sentra IKM di Nagari Carocok Anau Ampang Pulai, Kecamatan

Senin, 15 Jul 2019, 10:13:54 WIB - 62 | ANDI
Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Sentra IKM di Nagari Carocok Anau Ampang Pulai, Kecamatan

Painan – Hari ini, senin 01 Juli 2019 Bupati Pesisir Selatan, Bapak H. Hendrajoni, SH,MH meresmikan peletakan Batu pertama pembangunan gedung sentra IKM di Nagari Carocok Anau Ampang Pulai, Kecamatan Koto XI Tarusan. Acara tersebut juga dihadiri oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah, Forkopinda, Kejaksaan, LSM, Bamus, dan LKAAM. Kepala Dinas Koperindag, Bapak Drs. Azral menyampaikan upaya-upaya pembangunan di sektor industri untuk kesejahteraan dan membantu perekonomian masyarakat Pesisir Selatan, khususnya yang berada di Nagari Ampang Pulai.

  “ Saat ini minimal ada satu sentra IKM yang berada di tiap wilayah, dan jika ditotalkan ada 18 IKM se indonesia. Dari 18 tersebut salahsatunya adalah kita, Pesisir Selatan.” Ucap Bapak Azral saat menyampaikan kata sambutan.

IKM di Pesisir Selatan adalah suatu kebutuhan yang tentu saja dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Saat ini, sudah ada 2.252 IKM di Pesisir Selatan, dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 1150 orang. Sementara untuk IKM perikanan, sudah ada sebanyak 201 yang banyak terdapat di wilayah Carocok dan Tarusan, dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 716 orang. Dinas UMKM berharap dapat berkerjasama dengan Dinas Perikanan agar jumlah IKM di sektor Perikanan dapat meningkat. Bapak Azral menyampaikan program yang akan dibangun di Ampang Pulai diantaranya Penimbunan, Instalasi air limbah, ruangan genset, restoran, penerangan, ruang produksi bersama beserta alat produksi, dan gapura.

Bapak Bupati Pesisir Selatan, H. Hendrajoni, SH,MH juga menyampaikan dalam pidatonya, bahwa Tarusan nantinya akan dijadikan tempat pariwisata. Akan banyak pembangunan-pembangunan yang menjadi PR Pemerintah agar Kabupaten Pesisir Selatan Lebih dikenal. Pembangunan rumah tak layak huni yang sudah dibangun sebanyak 3.500 akan ditambah menjadi 7.000 nantinya, termasuk penambahan rumah untuk para nelayan. Disamping itu, juga akan dibangun sentra informasi pariwisata, pembangunan jalan dan jembatan untuk akses pariwisata, agar pengunjung lebih menikmati perjalanan ke Kabupaten Pesisir Selatan.

Persemian peletakan batu pertama berlangsung pada pukul 10.55 WIB, diresmikan oleh Bapak Bupati Pesisir Selatan H. Hendrajoni, SH,MH, bersama dengan ketua KAN Nagari Ampang Pulai, dan Bapak Kepala Dinas Koperindag, Drs. Azral.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Dinas Komunikasi dan Informatika. Follow Me : Facebook Youtube