Headline News

header-int

Menuju Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2019, Berbagai Persiapan dilakukan oleh Pemkab Pessel

Selasa, 30 Jul 2019, 09:35:10 WIB - 53 | HENDRI
Menuju Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2019, Berbagai Persiapan dilakukan oleh Pemkab Pessel

Painan - Berbagai persiapan menuju Kabupaten Sehat Tahun 2019 mulai dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten  Pesisir Selatan (Pemkab Pessel) salah satunya melalui Rapat Kordinasi Program Kabupaten Sehat tahun 2019.

Rakor yang dilaksanakan selama satu hari tersebut dibuka Bupati Pesisir Selatan yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan Ir. Erizon, M.T bertempat Aula Pertemuan Bapedalitbang Pesisir Selatan, Selasa (23/7).

Sekretaris Daerah Ir. Erizon, M.T dalam arahannya menyebutkan pembagian tugas-tugas indikator pokok, indikator umum serta indikator khusus harus jelas sesuai dengan Tupoksinya masing-masing.

“Semua PD harus terlibat dan turut memberikan dukungan serta siapkan administrasi dan dokumentasi sesuai apa yang sudah menjadi ketentuan”. Ujar Erizon.

Sementara itu Kabid Sosial Budaya dan Pemerintahan Bappedalitbag Pessel Drs. Zuharpen mengungkapkan penerapan Kabupaten Sehat di daerah sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri Nomor 34 dan 1138 Tahun 2005.

"Tujuan dari Kabupaten/ Kota Sehat sendiri adalah Tercapainya kondisi Kabupaten/Kota untuk hidup dengan bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni dan bekerja bagi warganya dengan terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain, sehingga dapat meningkatkan sarana dan produktifitas dan perekonomian masyarakat," ungkapnya.

Zuharpen mengungkapkan ada 9 indikator tatanan kabupaten/ kota sehat, yakni pertama kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum. Untuk itu seluruh instansi terkait‎ di Pemkab Pessel akan dilibatkan. Kedua, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi. Ketiga, kawasan pertambangan sehat.
Dilanjutkannya keempat kawasan hutan sehat. Kelima, kawasan industri dan perkantoran sehat ke enam, kawasan pariwisata sehat. Ketujuh, kawasan pangan dan gizi. Delapan‎, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri. Sedangkan ke sembilan, kehidupan sosial yang sehat.

"Tatanan yang kita lakukan sudah ada jadi dari sembilan tatanan yang sesuai  dengan indikator kabupaten/ kota sehat kita bungkus dalam bentuk Forum‎ Kabupaten Sehat yang anggotanya Kepala Dinas dan Kepala Badan yang ada di Kabupaten Pessel," tambahnya.

Zuharpen lanjut menuturkan suatu daerah bisa ditetapkan sebagai Kabupaten/ Kota Sehat jika telah melakukan tiga gerakan, yakni Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), dan SDGs (Sustainable Development Goals) atau sebuah program tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB).

"Kita optimis Kabupaten Pessel bisa mencapai tujuan sebagai Kabupaten Sehat tahun 2019, selama seluruh instansi terlibat dan didukung penuh oleh masyarakat di daerah berjuluk Negeri Sejuta Pesona," pungkasnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Kasi Kesehatan Lingkungan Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Nurmalawati, SKM, M. Si, yang bertindak sebagai Narasumber menjelaskan Pelibatan masyarakat aktif merupakan kunci keberhasilan Kabupaten/Kota Sehat dan Komitmen yang tinggi harus disertai dengan penguatan kapasitas SDM  tim pembina dan Forum .

“Pembangunan Kesehatan dilaksanakan oleh semua komponen bangsa dalam rangka mencapai tujuan kesehatan yaitu untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis,” Ungkap Nurmalawati.

Senada dengan hal itu, Kabid Statistik dan Pelayanan Informasi Diskominfo Pesisir Selatan, Harrison Tar, S.Pi, M.Si mengungkapkan sesuai dengan tugas Diskominfo, untuk memberi dukungan dalam Informasi dan Dokumentasi agar terwujud Kabupaten/Kota Sehat.
Turut hadir dalam acara tersebut Kepala PD atau Perwakilan Perangkat Daerah, Wakil Ketua III Forum Kabupaten Sehat, Arif Yumardi, Camat se-Kabupaten Pesisir Selatan.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Dinas Komunikasi dan Informatika. Follow Me : Facebook Youtube