Headline News

header-int

Diskominfo Fasilitasi Pengawasan dan Pengendalian Penggunaan Bahasa Negara Media Luar Ruangan

Senin, 08 Jul 2019, 11:07:35 WIB - 80 | Riva Endra S.Kom
Diskominfo Fasilitasi Pengawasan dan Pengendalian Penggunaan Bahasa Negara Media Luar Ruangan

Painan, Dinas Komunikasi dan Informatika Pessel fasilitasi penyelenggaraan kegiatan Pengawasan dan Pengendalian Penggunaan Bahasa Negara Media Luar Ruangan sebagaimana permintaan dari Balai Bahasa Sumatra Barat bertempat di gedung serba guna kantor Bupati Pesisir Selatan, Jumat (05/07).

Kegiatan yang diselanggarakan satu hari tersebut dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan Ir. Erizon, MT dan diikuti seluruh Perangkat Daerah, kodim, Polres Pessel, Organisasi Masyarakat, Insan Media, Mahasiswa dan Pelajar.

Dalam sambutannya Erizon mengatakan kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara merujuk pada UUD 1945 pasal 36 bahwa bahasa negara adalah bahasa Indonesia.

“Sebagai bahasa Negara berarti bahasa Indonesia merupaka bahasa resmi yang harus digunakan sesuai dengan kaidah, aturan dan tata tertib yang berlaku,” katanya.

Ia melanjutkan fungsi bahasa indonesia dalam kedudukanya sebagai bahasa negara merupakan bahasa resmi kenegaraan, alat pengantar pendidikan, sebagai alat penghubung ditingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan nasional serta pengembangan kebudayaan nasional, ilmu dan teknologi.

“Bahasa Indonesia wajib digunakan dalam pelayanan administrasi publik di instansi pemerintah, tentu hal ini harus menjadi perhatian bersama oleh segenap jajaran pemerintah pusat dan daerah, bukan berarti penggunaan bahasa asing dibatasi, tapi hendaknya disesuaikan dengan kedudukan dan fungsinya,” jelasnya.

Ditambahkannya media luar ruangan merupakan salah satu jenis komunikasi bahasa yang memiliki tujuan untuk menyampaikan informasi suatu produk layanan kepada masyarakat.

“Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar pada media luar ruangan juga perlu didukung dengan kemampuan berbahasa Indonesia baik dari para ASN, karyawan terutama media yang melakukannya,” terangnya.

Erizon berharap kepada kita semua agar mampu menumbuh kembangkan semangat dan kecintaan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar, jangan sampai kemajuan teknologi yang semakin canggih akan menggerus kekayaan bahasa yang Indonesia miliki.

“Berbahasa Indonesia yang baik dan benar adalah bagaimana menggunakan kata-kata dalam rangam bahasa yang serasi, selaras dan mengikuti kaidah bahasa yang benar, mari gunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, semoga bahasa Indonesia tetap menjadi tuan rumah di negeri sendiri” Harapnya.

Sementara itu ditempat yang sama Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Junaidi, S. Kom, ME mengatakan kedepannya semoga Balai Bahasa Provinsi Sumatra Barat terus melakukan pengawasan dan Pengendalian Penggunaan Bahasa yang baik dan benar terutama dalam pengelolaan administrasi surat menyurat di Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan.

“Sejauh ini masih terdapat ketidak sesuai pemakaian bahasa yang baik dan benar dalam surat menyurat seperti penggunaan waktu, seharusnya untuk penggunaan waktu dipergunakan pukul tetapi kebiasaan kita selalu memakai jam, dan itu sering dimuat dalam surat undangan rapat, sosialisasi dan sebagainya,” jelasnya.

Semoga dengan adanya kegiatan ini semua perangkat daerah yang turut menghadiri bisa menerapkannya di instansi masing-masing sehingga dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar akan mampu meningkatkan kedisiplinan, keteladanan, dan sikap positif aparat terhadap bahasa Indonesia.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Dinas Komunikasi dan Informatika. Follow Me : Facebook Youtube