Headline News

header-int

BERPACU DALAM PENYEBARAN JARINGAN KOMUNIKASI DATA DI SILAUT DAN SAKO

Selasa, 26 Mar 2019, 10:33:57 WIB - 154 | Yusril Budidarma, A.Md
BERPACU DALAM PENYEBARAN JARINGAN KOMUNIKASI DATA DI SILAUT DAN SAKO

Painan,
Untuk percepatan penyebaran jaringan komunikasi data elektronik dalam penyelenggaraan administrasi perkantoran berbasis elektronik di Kantor Pemerintah Nagari Kabupaten Pesisir Selatan, Dinas Kominfo Pessel melalui Bidang eGovernment melakukan proses integrasi jaringan dan pemetaan penempatan fasilitas atau sarana penunjang jaringan komunikasi data berupa Mini Tower Wireless TIK di wilayah Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan dan Kecamatan Silaut.

Tim Egovernment yang terdiri dari Syafrudin-Kabid Penyelenggaraan eGovernment, Yarisman-Kasi Pengembangan Infrastruktur dan Teknologi, Handri Triasna-Staf Teknis Egovernment, Dedet Masri Yuni-Tenaga Konsultan TIK dan Wendri-Tenaga Kontrak melaksanakan tugas tersebut diatas selama 3 hari berturut-turut dari Jum'at (22/03) sampai dengan Minggu (24/03).

Pada hari pertama tugas, Tim egovernment melakukan survey dan pemetaan wilayah di Nagari Talang Balirik, Nagari Limau Purut dan Nagari Sungai Gambir Sako untuk penempatan mini tower wireless TIK di lingkup Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan. Setelah melakukan berbagai analisis teknis dan memperhatikan kontur bumi, maka dipastikan Mini Tower Wireless TIK akan ditempatkan di Pos Retribusi Panadah milik Dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Selatan."Mini Tower wireless TIK ini berfungsi sebagai Pemancar Sinyal Jaringan Komunikasi data elektronik yang diterima dari Nagari Talang Balirik dan dipancarkan ke Nagari Sungai Gambir Sako", ujar Syafrudin saat menerangkan ke datang ke Pos Retribusi Panadah."Sebelum kita bangun mini tower ini, kita akan buat surat permintaan pembangunan Mini tower ke Dinas Perhubungan", sambungnya.

Pada hari kedua dan ketiga tugas, Tim eGovernment telah berada di wilayah Kecamatan Silaut tepatnya di KTM Silaut, Nagari Lubuk Bunta Silaut. Tim mengerjakan Pointing, Routing dan Setting jaringan peralatan Radio Wireless yang terpasang pada Mini Tower Wireless TIK di Kantor Wali Nagari Lubuk Bunta Silaut. Peralatan Radio wireless yang sudah terpasang Antena sektoral dengan Rocket M5 berfungsi sebagai pemancar sinyal jaringan komunikasi data yang sudah terintegrasi dengan Jaringan SmartCity Pesisir Selatan. Dan Pada saat bersamaan, 3 Kantor Pemerintah Nagari di kecamatan Silaut, Nagari Lubuk Bunta Silaut, Nagari Sungai Sirah dan Nagari Talang Binjai sudah bisa menerima akses jaringan ini setelah dirouting dan setting jaringan, ditambah dengan perbaikan jaringan di Nagari Sungai Pinang Tapan.

Pekerjaan pemetaan jaringan dan integrasi jaringan komunikasi data tersebut diatas merupakan bagian dari pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Infrastruktur TIK Kabupaten Pesisir Selatan tahun anggaran 2019, targetnya 4 mini tower wireless TIK harus berdiri di kabupaten Pesisir Selatan yang berfungsi sebagai akses sarana komunikasi data elektronik Kantor Pemerintah Nagari di Kabupaten Pesisir Selatan.
 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan
© 2019 Dinas Komunikasi dan Informatika. Follow Me : Facebook Youtube